Saturday, 28 November 2015

PERENCANAAN PABRIK (FACTORY PLANNING):

PERENCANAAN PABRIK (FACTORY PLANNING):
PERENCANAAN PABRIK ( FACTORY PLANNING ) Salah satu perencanaan yang penting dalam pendirian suatu perusahaan/pabrik adalah apa yang disebut dengan factory planning. Factory planning adalah perencanaan yang meliputi : Penentuan lokasi suatu pabrik ( plant location ) Perencanaan bangunan pabrik ( planning the building ) Penyusunan peralatan pabrik ( plant lay out ) Penerangan, suara rebut dan udara dalam pabrik ( industrial, lightning, noise and plant climate )

Penentuan lokasi suatu pabrik (plant location):
Penentuan lokasi suatu pabrik ( plant location ) Tujuan penentuan lokasi suatu pabrik/perusahaan dengan tepat adalah untuk dapat membantu perusahaan/pabrik beroperasi atau berproduksi dengan lancar, efektif dan efisien.

Penentuan lokasi suatu pabrik (plant location):
Penentuan lokasi suatu pabrik ( plant location ) Tujuan penentuan lokasi suatu pabrik/perusahaan dengan tepat adalah untuk dapat membantu perusahaan/pabrik beroperasi atau berproduksi dengan lancar, efektif dan efisien.

Dengan adanya penentuan lokasi suatu perusahaan /pabrik yang tepat atau baik, akan menentukan : :
Dengan adanya penentuan lokasi suatu perusahaan /pabrik yang tepat atau baik, akan menentukan : Kemampuan melayani konsumen dengan memuaskan. Mendapatkan bahan-bahan mentah yang cukup dan K ontinu dengan harga yang layak/memuaskan. Mendapatkan tenaga buruh yang cukup. Memungkinkan diadakannya perluasan pabrik dikemudian hari.

PowerPoint Presentation:
Walaupun lokasi suatu perusahaan/pabrik sudah cukup baik untuk suatu jangka waktu tertentu atau pada saat sekarang ini, akan tetapi mungkin timbul masalah location yang baru dikemudian hari adalah disebabkan: Karena berubahnya adat kebiasaan masyarakat 2) Dengan berpindahnya pusat-pusat penduduk dan perdagangan 3) Adanya jaringan komunikasi dan pengangkutan yang lebih baik

Walaupun lokasi suatu perusahaan/pabrik sudah cukup baik untuk suatu jangka waktu tertentu atau pada saat sekarang ini, akan tetapi mungkin timbul masalah location yang baru dikemudian hari adalah disebabkan: :
Walaupun lokasi suatu perusahaan/pabrik sudah cukup baik untuk suatu jangka waktu tertentu atau pada saat sekarang ini, akan tetapi mungkin timbul masalah location yang baru dikemudian hari adalah disebabkan: Karena berubahnya adat kebiasaan masyarakat Dengan berpindahnya pusat-pusat penduduk dan p erdagangan Adanya jaringan komunikasi dan pengangkutan yang lebih baik

PowerPoint Presentation:
Faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan lokasi suatu pabrik : Faktor-faktor utama/primer Faktor-faktor sekunder 1. Faktor utama / primer ( primary factors ) Yang dikatakan faktor utama adalah faktor yang langsung mempengaruhi tujuan utama perusahaan yang termasuk dalam faktor utama, yang perlu diperhatikan dalam penentuan lokasi suatu perusahaan / pabrik : a. Letak dari pasar b. Letak dari sumber-sumber bahan mentah c. Terdapatnya fasilitas pengangkutan d. Suplay dari buruh atau tenaga kerja yang tersedia e. Terdapatnya pembangkti tenaga listrik.

PowerPoint Presentation:
2. Faktor sekunder (secondary factors) Walaupun faktor selain dari faktor primer di atas di nyatakan sebagai faktor sekunder tetapi dalam beberapa hal untuk pabrik bisa mempunyai arti yang penting. Faktor sekunder antara lain : 1) Rencana masa depan Lokasi suatu perusahan / pabrik merupakan persoalan jangka panjang. Oleh karena itu kita perlu memperhatikan tentang perencanaan jangka panjang mengenai kebutuhan dan teknik operasi 2) Biaya dari tanah dan gedung Biaya dari tanah dan gedung kadang dapat mempengaruhi pemilihan suatu daerah sebagai tempat lokasi pabrik dan umumnya biaya dari tanah dan gedung berbeda besarnya di antar daerah industri

PowerPoint Presentation:
3. Kemungkinan perluasan atau ekspansi Biasanya penempatan lokasi suatu pabrik di suatu daerah, melihat kemungkinan apakah perluasan atau ekspansi gedung perusahaan pada masa yang akan datang dapat dilakukan di tempat tersebut atau tidak. 4. Terdapat fasilitas servis dan faslitas untuk di nikmati masyarakat Bagi pabrik yang tidak begitu besar, yang tidak mempunyai bengkel tersendiri untuk memperbaiki mesin dan peralatan lainnya, maka hendaknya perlu di perhatikan adanya bengkel atau servis industri di daerah sekitar tempat itu. 5. Terdapatnya fasilitas pembelanjaan Yang dimaksud dengan fasilitas pembelanjaan adalah terdapatnya lembaga keuangan seperti bursa atau pasar modal dan sumber potensial yang ada untuk modal perusahaan dan terdapatnya lembaga kredit seperti bank, koperasi simpan pinjam.

PowerPoint Presentation:
6. Persediaan air ( water supply) Perusahaan juga membutuhkan air, jadi tersedianya air di suatu daerah harus juga di perhatikan atau di pertimbangkan dalam memilih lokasi suatu pabrik di daerah tersebut. 7. Tinggi rendahnya tingkat pajak bagi perusahaan yang membutuhkan modal investasi yang besar maka masalah perizinan dan perpajakan perlu dipertimbangkan secara mendalam dalam menentukan lokasi bagi pabriknya pada suatu daerah atau pun negara. 8. Masyarakat di daerah itu ( sikap besarnya dan keamanan) Sikap masyarakat dimana perusahaan akan berada juga ikut menentukan berhasil tidaknya kehidupan perusahaan tersebut di kemudian hari . 9. Iklim Suatu pabrik kadang membutuhkan iklim tertentu seperti kelembaban udara,panas sinar matahari atau variasi iklim yang lain untuk kegiatan proses manupakturnya. 10. Keadaan tanah Suatu pabrik kadang membutuhkan jenis atau sifat tanah yang tertantu,sehingga adanya faktor ini perlu dipertimbangkan. 11. Perumahan yang ada dan fasilitas-fasilitas lainnya Fasilitas perumahan adalah perlu dan dibutuhkan oleh para pekerja dan kekurangan akan perumahan yang cukup merupakan faktor yang harus diperhatikan atau dipertimbangkan.

PowerPoint Presentation:
Tahap - tahap yang dapat dilakukan dalam memilih suatu lokasi perusahaan / pabrik : Tahap pertama : melihat kemungkinan daerah – daerah mana yang dapat di tentukan sebagai daerah alternatif dengan melihat ketentuan dari pemerintah daerah setempat mengenai daerah mana yang diperkenankan uantuk mendirikan pabrik tertentu. Dalam hal ini pemerintah daerah setempat perlu dihubungi untuk mendapatkan informasi kemungkinan daerah yang dapat di pilih. Tahap kedua : melihat pengalaman orang lain atau pengalaman kita sendiri dalam menentukan lokasi pabrik . Tahap ketiga : mempertimbangkan dan menilai masyarakat dari daerah yang pada tahap kedua telah dipilih untuk daerah lokasi pabrik karena dianggap paling menguntungkan.

No comments:

Post a Comment